Sabtu, 10 Maret 2012

Kawanan Gajah Liar Digiring ke Habitatnya


Iring-iringan gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) di pusat Pelatihan Gajah, Way Kambas, Lampung, Jumat (6/11). Way Kambas saat ini memiliki 62 ekor gajah.

ACEH JAYA, KOMPAS.com -
 Tim Conservation Reponse Unit (CRU) Kabupaten Aceh Jaya menggiring kawanan gajah liar yang selama ini memasuki pemukiman penduduk di Desa Cot Dulang, Kecamatan Jaya. Kawanan gajah liar itu digiring dengan empat ekor gajah jinak.
"Sudah satu ekor gajah dewasa yang telah kami giring kembali ke habitatnya, kami juga masih menyelusuri jejak kawanan gajah liar lainnya yang selama ini merusak tanaman pertanian dan perkebunan warga," kata Koordinator lapangan tim CRU Andi Aswinsyah di Aceh Jaya, Kamis (8/3/2012).



Menurut Andi, untuk menggiring kembali kawanan gajah liar itu, CRU Aceh Jaya menurunkan 20 orang personel dari BKSDA, pawang (mahout), polisi hutan (polhut) dan dibantu aparat TNI Kodim 0114 Aceh Jaya serta empat gajah jinak yang didatangkan dari Saree Kabupaten Aceh Besar dan CRU Aceh Jaya.
Didampingi CRU Aceh Jaya Fendra, ia mengatakan sejak 6 Maret 2012 tim telah menyisir daerah perbukitan dan pengunungan yang selama ini menjadi kawasan jelajah kawanan gajah liar di pedalaman Kecamatan Jaya itu.
Selain di desa Cot Dulang, kawanan gajah liar selama ini juga berkeliaran di daerah lainnya seperti Alue Meuh, Senangprong, Medang Gong Kuala Unga, Sabet dan Sango Kabupaten Aceh Jaya
.

0 komentar:

Posting Komentar